Panduan Menanam Alpukat di Pekarangan Rumah (DILENGKAPI: Perawatan Hingga Berbuah)

Cara Menanam Alpukat di Pekarangan Rumah

Telah diperbarui November 2019.

Banyak kasus pohon alpukat tumbuh lambat, banyak ulat, berbuah sedikit. Bahkan ada juga yang sudah berumur 5 tahun lebih, tapi tidak kunjung berbuah.

Apa masalahnya?

Umumnya, semua itu terjadi akibat kesalahan dalam teknis tanam dan perawatan, serta kurang tepat dalam memilih bibit dan varietas.

Jika saat ini anda berniat menanam pohon alpukat, saya sarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai. Supaya anda mengetahui bagaimana teknis memelihara tanaman alpukat yang benar sesuai petunjuk para pakar.

Sehingga, anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan banyak penghobi di luar sana.

Dengan begitu, nantinya pohon alpukat anda bisa tumbuh subur, berbuah lebih cepat pada usia 2-4 tahun (tergantung varietas), menghasilkan buah yang berlimpah & berkualitas, serta bebas serangan hama ulat.

Untuk memudahkan penyampaian materi, panduan ini saya bagi menjadi beberapa bab sebagai berikut:

BAB 1: Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat
BAB 2: Tips Memilih Varietas Unggulan
BAB 3: Menyiapkan Bibit Bermutu Tinggi
BAB 4: Panduan Penanaman
BAB 5: Panduan Perawatan


Anda bisa melompat ke bab yang anda inginkan dengan meng-klik judul bab di atas.

Sebelum memulai materi, jangan lupa bookmark/simpan artikel ini dan share ke teman & kerabat anda. 😀

Oya, anda juga bisa mendownload panduan ini dalam format PDF disini: DOWNLOAD TUTORIAL


Mari kita mulai!

BAB 1: Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat

Gambar: Alpukat Wina umur 3 tahun di ketinggian 900 mdpl milik salah seorang petani.

Dalam hal ini, hanya 2 poin yang menurut saya paling penting diperhatikan yaitu:

1. Ketinggian Lokasi

Secara umum, tanaman alpukat mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di segala tempat.

Mulai dari dataran rendah yang panas, hingga dataran tinggi yang dingin. Lebih tepatnya berada di ketinggian antara 5 – 1.500 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Namun…

Untuk budidaya alpukat skala kebun komersial, ada aturan yang sedikit ketat. Dimana, tidak semua varietas alpukat cocok dikebunkan di segala tempat.

(Sumber: Sadwiyanti, L., Sudarso, D., Budiyanti, T. 2009. Petunjuk Teknis Budidaya Alpukat. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika. Solok, Sumatera Barat. 52 Hal)

Beberapa varietas lebih produktif di dataran rendah, seperti Alpukat Mentega, Aligator, Raja Giri, Kendil, dst. Sedangkan varietas alpukat seperti Miki dan Wina lebih produktif di dataran tinggi. Pembahasan lengkap masalah ini akan saya tulis pada artikel yang lain, InsyaAllah.

Nah, karena anda menanam alpukat hanya di pekarangan rumah (bukan untuk kebun komersial), maka masalah ketinggian lokasi tidak penting.

Silahkan pilih varietas apapun yang anda suka!

2. Intensitas Cahaya Matahari

Banyak penghobi melakukan kesalahan di sini. Ada seorang tetangga yang bertanya ke saya:

“Kok pohon saya tidak mau berbuah ya, padahal umurnya sudah 5 tahun lebih?”

Saya tanya balik: “Pohonnya dapat sinar matahari seharian penuh nggak pak?”

Jawabnya: “Kayaknya sih enggak, cuma kena sinar matahari pagi aja. Karena kalo siang sampai sore, sinar matahari terhalang pohon besar di sebelahnya.”

Itulah penyebabnya!

Tanaman buah apapun termasuk alpukat, membutuhkan cahaya matahari selama 6 – 10 jam/hari. Karena cahaya matahari adalah pemeran utama dalam mendukung proses fotosintesis tanaman.

Jadi…

Pastikan lokasi tanam mendapat cahaya matahari seharian penuh. Jika tidak memungkinkan karena adanya bangunan atau pohon besar yang menutupi, maka setidaknya pohon alpukat anda harus terpapar matahari minimal 6 jam/hari.

BAB 2: Tips Memilih Varietas Unggulan

Buah Alpukat Jumbo
Gambar: staradvertiser.com

Sekarang sudah banyak varietas alpukat unggul yang menyebar luas di seluruh kota di Indonesia.

Dari semua varietas tersebut, mereka terbagi dalam 2 kelompok besar yaitu:

#1 Pertama…
Kelompok varietas unggul yang Telah Terdaftar di Kementerian Pertanian Indonesia (bersertifikat).

#2 Kedua…
Kelompok yang Belum Terdaftar, namun telah diakui keunggulannya secara luas oleh kalangan petani. Terkadang diakui juga oleh beberapa pakar pertanian.

Untuk varietas yang telah terdaftar, bisa anda lihat pada gambar berikut:

Gambar: balitbu.litbang.pertanian.go.id

Sedangkan untuk varietas yang belum terdaftar, berikut beberapa di antaranya:

  1. Mentega
  2. Aligator
  3. Miki
  4. Hana
  5. Hass
  6. Hawaii
  7. Pluang
  8. Arjuno / Pameling
  9. Dan masih banyak lagi . . .

Semua varietas di atas sudah terbukti unggul. Namun, manakah yang terbaik?

Untuk kelompok yang telah terdaftar di Kementerian Pertanian, pilihlah varietas keluaran terbaru mulai tahun 2011 ke atas.

Sedangkan untuk kelompok yang belum terdaftar, pilihlah varietas yang paling populer di Indonesia yaitu Mentega, Miki, dan Aligator.

BAB 3: Menyiapkan Bibit Bermutu Tinggi

Alpukat Jumbo

Setelah menentukan varietas yang ingin ditanam, anda bisa membeli bibit alpukat di toko tanaman terdekat atau membelinya secara online.

Pastikan anda membeli dari penjual yang amanah dan paham seluk beluk tanaman alpukat, supaya varietas bibit yang anda beli 100% ASLI.

Jangan sampai penjual mengatakan bibitnya jenis Aligator, namun setelah anda tanam dan berbuah ternyata bukan Aligator. Sudah begitu kualitas buahnya rendah. Duh, pasti sangat kecewa, bukan!? 😀

Jika sulit menemukan toko tanaman di daerah anda, mungkin anda bisa mempertimbangkan membeli di toko online kami.

BAB 4: Panduan Penanaman

Membuat Lubang Tanam
Gambar: www.mnn.com

Teknis penanaman bibit alpukat ke lahan terbagi dalam 2 tahap yaitu: tahap pembuatan lubang tanam dan tahap penanaman bibit ke lubang tanam.

Nah, dari kedua tahap tersebut, tidak sedikit penghobi yang melakukan kesalahan. Lebih-lebih pada tahap pembuatan lubang tanam, mayoritas penghobi pemula melakukan kesalahan besar. Dimana kesalahan tersebut menyebabkan pohon alpukat mereka tumbuh kerdil dan sulit berbuah.

Apakah kesalahan besar yang dimaksud? Silahkan anda baca artikel berikut:

  1. Teknis membuat lubang tanam
  2. Teknis menanam bibit buah ke lubang tanam

BAB 5: Panduan Perawatan

Membuahkan Pohon Alpukat


Bab ini adalah bagian yang paling banyak dicari oleh penghobi pemula bahkan berpengalaman.

Alhamdulillah saya bisa menyajikannya untuk anda di sini, semoga bermanfaat.

Ceritanya begini:

Banyak penghobi yang bingung cara merawat pohon alpukat yang benar gimana. Padahal sudah baca artikel sana-sini di internet, tapi malah tambah bingung, karena teknisnya beda-beda.

Nah, di sini saya ingin memberikan jalan keluar supaya anda cukup menerapkan 1 teknik yang terbukti efektif.

Saya berani mengatakan begitu karena teknik yang saya bawakan di sini bersumber dari buku Petunjuk Teknis Budidaya Alpukat terbitan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Indonesia. Sebagai pelengkap, saya juga mengambil beberapa referensi lain di luar buku tersebut.

Oke, langsung kita mulai . . .

1. Pengairan

Saat tanaman masih muda atau berusia kurang dari 2 tahun sejak penanaman ke lahan, anda perlu melakukan penyiraman rutin setiap 1-3 hari sekali agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Sebab… tanaman muda memiliki perakaran yang masih sangat pendek dan sedikit, sehingga belum mampu menjangkau air tanah.

“Tapi saya sibuk dan tidak sempat menyiram terlalu sering!”

Tenang… setiap masalah ada solusinya. 😀

Tutuplah permukaan tanah pada sekeliling tanaman (radius 1 meter) dengan plastik mulsa atau bisa juga menggunakan jerami / sekam padi setebal 10 cm.

Dengan begitu kadar air dalam tanah di sekeliling tanaman tidak mudah menguap, sehingga kelembaban tanah lebih terjaga dan tahan lama. Alhasil, anda hanya perlu menyiram 1-2 kali seminggu. Hemat waktu, bukan!? 😀

2. Pemupukan

Pupuk Kandang Kotoran Ayam


Pohon alpukat hanya perlu dipupuk 6 bulan sekali (2 x setahun).

Anda tidak perlu memupuk terlalu sering sebagaimana dilakukan oleh banyak penghobi. Karena pohon alpukat BUKAN tipe tanaman yang boros nutrisi.

Pemupukan Fase Vegetatif (usia 6 bulan – 4 tahun)

Fase vegetatif adalah masa dimana tanaman dalam proses tumbuh-kembang dan pembesaran dari tanaman muda menuju pohon dewasa.

Pemupukan dilakukan pertama kali pada usia 6 bulan setelah tanam ke lahan, kemudian diulangi setiap 6 bulan sekali.

Jenis pupuk dan dosis yang diberikan adalah:

  1. Pupuk Kandang (kambing/sapi)= 1 karung beras 25 kg
  2. Kapur Pertanian= 0,5 – 1 kg
  3. Pupuk NPK= 150 gram (ditingkatkan 50 gram pada setiap pemupukan selanjutnya yaitu; 200 gr, 250 gr, 300 gr, dst…)

Pemupukan Fase Generatif (usia > 4 tahun)

Fase generatif adalah masa dimana tanaman telah memasuki usia dewasa dan siap menghasilkan buah secara produktif hingga 20-an tahun ke depan.

Pemupukan dilakukan setelah usia pohon genap 4 tahun, kemudian diulangi setiap 6 bulan sekali.

Pupuk dan dosis yang diberikan yaitu:

  1. Pupuk Kandang (kambing)= 2 karung beras 25 kg
  2. Kapur Pertanian= 1 kg
  3. Pupuk Urea= 2,5 – 3,5 kg
  4. Pupuk TSP= 3,5 kg
  5. Pupuk KCL= 4 kg

Cara pemupukan yang benar yaitu membuat parit sedalam 30 cm mengelilingi tanaman sejauh 1 meter dari batang. Kemudian seluruh pupuk dimasukkan ke dalam parit dan setelahnya ditutupi kembali dengan tanah.

Khusus kapur pertanian, cara aplikasinya ditabur merata di atas permukaan tanah mengelilingi tanaman.

3. Pemangkasan

Gambar: Pohon Alpukat milik Bpk. Brian Setiawan.

Pemangkasan dilakukan pertama kali saat pohon berusia 1 tahun setelah tanam ke lahan.

Pangkaslah cabang dan ranting yang terlalu rapat, rusak, dan mati.

Jarak antara cabang paling bawah dengan permukaan tanah minimal 1 meter. Apabila ada cabang yang tumbuh lebih rendah dari itu, segera pangkas.

Kemudian, pertahankan ketinggian pohon alpukat antara 4 – 5 meter (dari permukaan tanah hingga ke pucuk pohon). Apabila ketinggiannya melebihi itu, segera potong batang pucuknya agar pohon tetap pendek dan minimalis.

Jika anda biarkan, maka ketinggian pohon alpukat bisa terus meningkat hingga belasan meter.

Subscribe
Notify of
guest
55 Comments
Newest
Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
yourdaandrie113@gmail.com
yourdaandrie113@gmail.com
8 October 2020 9:05 AM

terima kasih, Artkel ini sangat membantu

jazakumullah

irfandi
irfandi
4 October 2020 10:52 PM

Sangat bermanfaat dan sangat membantu.
terimakasih kak atas ilmunya , semogah dapat berguna
 perkenalkan nama saya irfandi amanda putra dari <a href=”https://www.atmaluhur.ac.id”>ISB Atma Luhur</a>

Nizhra Izdaharia
Nizhra Izdaharia
4 October 2020 5:02 PM

Terimakasih kak untuk infonya sangat bermanfaat ..
perkenalkan saya Nizhra Izdaharia dari <a href=”https://www.atmaluhur.ac.id”>ISB Atma Luhur</a>

dandi candra
dandi candra
3 October 2020 12:35 PM

terima kasih untuk infonya sangat membantu saya jadi tau cara menanam buah alpukat dengan baik dan benar
perkenalkan kak saya Dandi Candra Dari <a href=”https://www.atmaluhur.ac.id/”>ISB Atma Luhur</a>

Doni
Doni
13 May 2020 3:51 PM

Apakah akar alpukat mentega yg ditanam dari biji dpt merusak pondasi ? Jarak antara pohon dan bangunan rmh sktr 3mtr

Afrodo
Afrodo
30 April 2020 8:56 PM

Malam Pak..Maaf pengen sharing apakah jika kita menggunakan pupuk kandang yg difragmentasikan itu khasiatnya lbih bagus Pak dari pupuk kimia..Terima kasih atas pencerahannya Pak..

Rizal
Rizal
5 April 2020 9:43 PM

Diwilayah madura Saya punya tanah kosong bekas lapangan bulutangkis dmn lapangan tsb pernah dicor namun sudah tidak digunakan lagi sehingga banyak tumbuh rumput liar…apakah tanah kosong tsb bisa ditanam alpukat klo bisa, jenis apa yg cocok dg letak geogrfis 5 mdpl??mohon petunjuk

Khairul anwar
Khairul anwar
28 March 2020 9:15 PM

1. pak kalo ketinggian 460 mdpl ,alpukat apa yang cocok? trimakasih
2. kalau tanahnya tanah agak Wadas bisa ngga ditanami alpukat

Randi
Randi
3 March 2020 12:04 PM

Pak, bagaimana cara mengolah lahan bekas sawah agar jadi perkebunan alpukat?
Kebetulan tempat kami dataran rendah dan tanah terlalu berair. Apa bibit alpukat ditanam tabulampot atau seperti apa baiknya?
Terimakasih

Bagus
Bagus
22 February 2020 1:29 PM

Pak haris sy mau tanya…setahun yg lalu saya membeli bibit hawai..apakah jenis alpukat hawai..wina..dan kendil itu sama..soalnya sy bingung kl liat daunnya sama saja..terima kasih pak ?? mohon penjelasannya?

Zairin
Zairin
18 February 2020 10:02 AM

Pak Haris, skrg ini ada istilah penyetresan tanaman termasuk alpukat agar cepat berbuah. Apakah hal ini dibenarkan dan sdh ada prakteknya dalam dunia pertanian?

Zairin
Zairin
19 February 2020 12:48 PM
Reply to  Haris Wicahyo

ok, thanks infonya pak

Awang
Awang
3 May 2020 7:57 AM
Reply to  Haris Wicahyo

Pak haris, ad juga tu penuetresan dengan cara dibacok atau dikerat kulit batangnya, katanya agar cepat berbuah. Engga bahayakah pak? Takutnya masuk penyakit dari luka kulit pohon tersebut.

Syaiful
Syaiful
13 February 2020 7:04 AM

bang admin
Sy sdh lama mnanam alpukat yg kira2 skrg umurnya kira udh 8 thn, tp blum ada buah
Saya pangkas2 spy tdk trlalu tinggi, tp blum ada buah hingga skrg
kira2 apa pnyebabnya?
mohon solusinya

Pipin
Pipin
7 February 2020 11:38 AM

Pak Haris, kalau memakai bibit yg sambung pucuk, apakah benar nanti buah yg dihasilkan akan sesuai/sama dg sambungannya, tidak sama dg yg disambung (yg tumbuh dari biji). Kalau memang demikian, benarkah kalau menanam bijinya, kita nggak perlu tahu itu biji dari buah alpukat jenis apa. Toh nanti ug menentukan adalah… Read more »

arif p
arif p
5 February 2020 4:29 PM

saya tinggal di palembang, dimana ketinggian tempat sekitar 5-10 mdpl, 2 bulan lalu menanam dihalaman belakang rumah alpukat kendil dan mentega miki (bibit sambung pucuk) yang saya beli dari toko trubus, teknis tanam saya ikuti petunjuk yang ada di website ini. Setelah ditanam sekitar 90% orang terdekat berkomentar bahwa percuma… Read more »

arif p
arif p
5 February 2020 11:11 PM
Reply to  Haris Wicahyo

terima kasih pak atas pencerahan yang diberikan, karena sebelumnya ada keraguan akan mengganti dengan tanaman lain saja, tapi setelah membaca referensi tsb saya yakin semua yang direncanakan dan dirawat dengan baik pasti ada hasilnya.

Puji fauziyah adawiyah
Puji fauziyah adawiyah
24 January 2020 5:30 PM

Saya tinggal di bekasi, sthun yg llu sy prnh bli bibit pohon alpukat, berbarengan sama pohon lengkeng, di tanam dipekarangan rumahpun berbarengan diwkt yg sama, tp stlh krg lebih hmpir 1 thn phon alpukatnya ukurnny sgitu2 saja, n suka layu daunnya, dan smpai gugur. Sedangkan phon oengkeng tumbuh dg subur… Read more »

Rafli
Rafli
4 December 2019 8:09 PM

Klau menanam alpokat, lebih baik alpokat di busukan dulu baru di ambil bijinya atau tidak di biarkan busuk….

Noldy kaunang
Noldy kaunang
22 November 2019 8:38 AM

Saya d daerah ketinggian 700 m dpl. Jenis apakah yg terbaik dgn rasa enak.

Zikrii
Zikrii
9 November 2019 9:17 PM

Jenis miki apakah benar cocok untuk dataran rendah?

Abdul Wahid Kusaeri
Abdul Wahid Kusaeri
19 October 2019 3:02 PM

Penanaman alpukat di tanah liat sebaiknya diwaktu menjelang/awal musim hujan atau awal musim kemarau Pak

Ajriman
Ajriman
3 October 2019 4:15 PM

Untuk jarak tanam yang ideal brapa t Pak??

Sugy
Sugy
25 August 2019 11:01 PM

Maaf pak saya mau nanya,kalau di planterbag 150 liter apakah ketinggian alpukat 1meter baru boleh di tanam ya pak?

muflih
muflih
31 July 2019 4:28 PM

Mau tanya Pak…Dosis pupuk yg disebutkan di artikel tadi itu untuk satu pohon alpukat ?

Fahmiati
Fahmiati
28 July 2019 11:04 PM

Bisakah pisang atau pepaya sebagai tanaman sela pohon alpukat?

Dodi
Dodi
22 July 2019 12:35 AM

Untuk mengetahui ketinggian suatu daerah caranya gimana ya pak

Arifin
Arifin
5 July 2019 8:57 PM

Untuk lokasi lahan di ketinggian 1.200 – 1300 dpl, alpukat jenis apa yang cocok untuk ditanam ?

Ayuwahyuni
Ayuwahyuni
21 July 2019 11:07 PM
Reply to  Arifin

Terimakasih informasi’y pak

Hayan Nti
Hayan Nti
16 April 2019 4:25 PM

Jenis Alpukat apa yang tidak ada ulat nya pak..?

Widi
Widi
23 June 2019 4:43 PM
Reply to  Hayan Nti

Jenis bibit alpukat apa yang cocok untuk lahan di lereng gunung tanah padas pak ?

Vicky
Vicky
24 February 2019 10:15 AM

Kalau untuk daerah balikpapan dg ketinggian tanah sekitar 50 meter dari permukaan laut. .jenis alpukat apakah yg cocok…

Lina t. Gunawati
Lina t. Gunawati
24 February 2019 4:49 AM

Apokat miki saya sdh berbuah,bagaimana mengetahui buah siap dipanen ?

Fatma
Fatma
28 January 2019 7:50 PM

Bisakah alpukat ditanam dalam pot?minimal diameter berapa?

error: